Macam-macam Tendangan Dasar Taekwondo

Sabtu, 19 Februari 2011
Taekwondo adalah seni beladiri dengan menggunakan kaki dan tangan, akan tetapi dalam berlatih taekwondo lebih banyak berlatih tendangan, karena hampir 90 persen dipertandingan taekwondo point didapat dari tendangan. berikut ini beberapa macam tendangan dasar yang harus dikuasai oleh seorang taekwondoin.

1. Tendangan Ap Chagi / Ap Chagi Kicking
tendangan ap chagi wajib dikuasai oleh seorang taekwondoin / khususnya pemula dalam berlatih taekwondo.




2. Tendangan Dollyo Chagi/ Dollyo chagi kicking
tendangan ini biasanya mulai diajarkan apabila seorang taekwondoin sudah bisa menguasai tendangan Ap chagi. arah sasaran adalah ke arah samping dengan memutar pinggang ke arah perut/ kepala.


3. Tendangan dwi Chagi / Dwi Chagi kicking
Tendangan ini mulai diajarkan apabila seorang taekwondoin sudah bisa menguasai ap chagi dan dollyo chagi, biasanya sudah diajarkan apabila seorang taekwondoin sudah sabuk hijau. Point yang didapat apabila tendangan dwi chagi mengenai sasaran dalam pertandingan taekwondo adalah 2 point.


4. Tendangan Dwi Hurigi/ dwi Hurigi kicking
Tendangan ini biasanya digunakan sebagai counter attack dengan sasaran ke arah kepala. untuk bisa mengenai sasaran kepala harus memiliki timing yang pas karena sifat tendangan ini umumnya dipake sebagai counter attack.


sebenarnya masih banyak lagi macam tendangan dalam taekwondo, baik itu kombinasi tendangan, kombinasi tendangan dengan step, gambar diatas merupakan sedikit contoh macam dasar tendangan dalam taekwondo.

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Taekwondo Kab.Probolinggo

About Me

Foto saya
probolinggo, probolinggo/jawa timur
Saya adalah mahasiswa AMIK Taruna Probolinggo saya asli probolinggo SDN Kerpangan2 lulus tahun 2002,SPMN Tegalsiwalan1 lulus tahun 2006 SMK Negeri 2 Probolinggo lulus tahun 2009 Sekarang saya masih menempuh kuliah Jurusan Menejemen Informatika

Recent Comment

Search This Blog

 

Pages

 

© 2010 Taekwondo Angin Gending Kabupaten Probolinggo