Materi Latihan Taekwondo sabuk putih

Sabtu, 19 Februari 2011


berikut macam materi-materi dasar yang perlu diberikan kepada taekwondoin terutama yang masih pemula/ masih menyandang sabuk putih.
1. yaitu yang pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai tata tertib dalam berlatih taekwondo, dimana meliputi sikap dasar, cara berdoa, cara menghormat, dan bagaimana menggunakan seragam/ dobok serta bagaimana cara memasang sabuk taekwondo dengan benar.

2. Dasar kuda-kuda (seogi di taekwondo)
taekwondoin pemula terutama yang masih sabuk putih perlu sekali diajarkan mengenai langkah kaki/kuda-kuda di taekwondo, dimana ada 4 macam jenis kuda2/ langkah kaki di taekwondo ini : ap-seogi (kaki langkah pendek), ap kubi (kaki langkah panjang), dwit kubi (bentuk kuda2 huruf L dmn berat badan sedikit condong ke belakang) dan jochom seogi (kuda-kuda tengah).

3. pukulan di taekwondo
ada 3 jenis yaitu momtong jireugi (pukulan arah tengah), eugol jireugi (pukulan arah atas / kepala, dan area jireugi (pukulan arah bawah)

4. tangkisan dasar di taekwondo
ada 4 macam yaitu momtong an makki (tangkisan arah tengah), eugol makki (tangkisan atas), area makki (tangkisan arah bawah), dan bakkat makki (tangkisan tengah dengan pergelangan tangan menghadap keluar.

5. tendangan dasar taekwondo
meliputi: 1. momtong ap chagi (tendangan chagi ke arah tengah), 2. momtong dollyo chagi (tendangan kearah samping dengan sasaran ke arah perut), 3. momtong yop chigi, dan 4. deol chigi/naeryo chagi,atau juga bisa disebut bal chagi.

6. step 1, step 2 dan step 3

7. gerakan dasar basic 1, basic 2, dan basic 3.

1 komentar:

{ Unknown } at: 19 Agustus 2018 pukul 10.05 mengatakan...

Adakah taekwondo khusus anak usia 5 tahun?

Posting Komentar

Selamat datang di Taekwondo Kab.Probolinggo

About Me

Foto saya
probolinggo, probolinggo/jawa timur
Saya adalah mahasiswa AMIK Taruna Probolinggo saya asli probolinggo SDN Kerpangan2 lulus tahun 2002,SPMN Tegalsiwalan1 lulus tahun 2006 SMK Negeri 2 Probolinggo lulus tahun 2009 Sekarang saya masih menempuh kuliah Jurusan Menejemen Informatika

Recent Comment

Search This Blog

 

Pages

 

© 2010 Taekwondo Angin Gending Kabupaten Probolinggo