Unsur-unsur Kyorugi dalam Taekwondo

Sabtu, 19 Februari 2011
0 komentar
Di dalam melakukan kyorugi, maka ada beberapa unsur yang harus dilatih di samping mental (spirit) , adapun unsur-unsir itu adalah:

A. tehnik Tangan dan Kaki


1. Tehnik tangan
gerakan tangan lebih cepat daripada kaki bila berada dalam jarak dekat, maka teknik tangan perlu dilatih dengan baik.
adapun trehnik tangan bisa dibagi menjadi:
a. Pukulan tangan ke belakang
b. pukulan tangan ke belakang
c. tangkisan



2. tehnik kaki
banyak sekali tehnik kaki / tendangan dari taekwondo di dalam melakukan kyorugi. untuk memudahkannya dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu:

a. tendangan dasar (basic kick)
misal : -apchagi (momtong, eugol), yeopchagi, dwichagi.dll

B. Tendangan kombinasi ( combination kick)
1. Tendangan untuk menyerang (Attack Kicks)
misal : idan dolyo chagi (momtong,eugol), idan ap hurigi, dolke chagi, dll
2. tendangan balasan (counter attack)
misal: appal chagi, mat badat, nare chagi, dll
Baca selengkapnya »

Macam-macam Tendangan Dasar Taekwondo

0 komentar
Taekwondo adalah seni beladiri dengan menggunakan kaki dan tangan, akan tetapi dalam berlatih taekwondo lebih banyak berlatih tendangan, karena hampir 90 persen dipertandingan taekwondo point didapat dari tendangan. berikut ini beberapa macam tendangan dasar yang harus dikuasai oleh seorang taekwondoin.

1. Tendangan Ap Chagi / Ap Chagi Kicking
tendangan ap chagi wajib dikuasai oleh seorang taekwondoin / khususnya pemula dalam berlatih taekwondo.




2. Tendangan Dollyo Chagi/ Dollyo chagi kicking
tendangan ini biasanya mulai diajarkan apabila seorang taekwondoin sudah bisa menguasai tendangan Ap chagi. arah sasaran adalah ke arah samping dengan memutar pinggang ke arah perut/ kepala.


3. Tendangan dwi Chagi / Dwi Chagi kicking
Tendangan ini mulai diajarkan apabila seorang taekwondoin sudah bisa menguasai ap chagi dan dollyo chagi, biasanya sudah diajarkan apabila seorang taekwondoin sudah sabuk hijau. Point yang didapat apabila tendangan dwi chagi mengenai sasaran dalam pertandingan taekwondo adalah 2 point.


4. Tendangan Dwi Hurigi/ dwi Hurigi kicking
Tendangan ini biasanya digunakan sebagai counter attack dengan sasaran ke arah kepala. untuk bisa mengenai sasaran kepala harus memiliki timing yang pas karena sifat tendangan ini umumnya dipake sebagai counter attack.


sebenarnya masih banyak lagi macam tendangan dalam taekwondo, baik itu kombinasi tendangan, kombinasi tendangan dengan step, gambar diatas merupakan sedikit contoh macam dasar tendangan dalam taekwondo.
Baca selengkapnya »

kinds of basic kicks in taekwondo

0 komentar
1.Ap Chagi kicking taekwondo
ap kick chagi controlled by a compulsory taekwondoin / especially beginners in the practice taekwondo.


2. Dollyo Chagi Kicking taekwondo
This kick is usually started teaching when one is able to control taekwondoin kick chagi Ap. target direction is toward the side by rotating the waist to head


3.Dwi Chagi kicking taekwondo
This kick started teaching when one is able to control taekwondoin ap chagi and dollyo chagi, usually taught when a taekwondoin has reached the green belt. Point is obtained when the bi-kick on target chagi in taekwondo match is 2 points.


4.dwi Hurigi kicking taekwondo
This kick is usually used as a counter attack with the goal at his head. to be the target's head should have the right timing because the nature of this kick is generally used as a counter attack.


actually a lot more like a kick in tae kwon do, whether it was a combination of kicks, combination kick by step, the picture above are just a few examples of the kinds of basic taekwondo kicks.
Baca selengkapnya »

Kuda - Kuda (stances) padaTaekwondo

0 komentar


Bentuk kuda-kuda mempunyai pengaruh yang kuat terhadap pukulan, tendangn , bantingan atau kuncian. karena kuda kuda merupakan dasar atau fondasi atau sikap awal untuk melakukan suatu tehnik dasar. kuda kuda yang lebar (wide stance) baik sekali untuk bertahan (defense) namun lemah dalam menyerang (offense) demikian juga sebaliknya.


Dalam kyorugi sebaiknya kita tidak memakai kuda kuda yang terlalu lebar maupun kuda kuda yang terlalu sempit. kuda kuda yang baik di dalam kyorugi adalah satu bentuk kuda kuda dimana kita bisa bergerak dengan leluasa baik menyerang (offense) maupun bertahan (defense)

Stance yang baik dalam kyorugi adalah selebar pundak kita atau lebih sedikit dan kedua lutut ditekuk sedikit, kemudian berat badan bisa berada 50% di kaki depan dan 50% di kaki belakang atau komposisi 60:40 ( kaki depan 60% dan kaki belakang 40%). atau bila kita lebih menyukai tipe bertahan (defense) dan mengusai tendangn memutar dengan baik atau tendangan kaki depan, seperti : dwi chagi atau dwi hurigi, yeop chagi, maka kita boleh memilih ju chum seogi ( horse riding stance ) karena kuda kuda ini efektif untuk melakukan tendangan tendangan tersebut.
Baca selengkapnya »

Langkah kaki (Footworks) pada Taekwondo

0 komentar


Foortworks atau gerak langkah kaki di dalam kyorugi merupakan unsur yang tidak kalah penting dibanding dengan tehnik tendangan. footworks adalah pergerakan atau perpindahan dari satu kuda-kuda (stance) ke kuda-kuda lain dan atau pergerakan / perpindahan dari satu tempat ke tempat lain ( maju, mundur , samping)

Modern taekwondo sparing footworks membuat pertandingan taekwondo menjadi lebih dinamis, cepat dan mempunyai warna tersendiri dibanding dengan pertandingan beladiri lainnya.

Footworks selain bertujuan untuk menghindar dari serangan lawan, mengecoh lawan sehingga lawan berada dalam posisi yang kita inginkan kemudian dilanjutkan dengan serangan yang kita siapkan

Modern taekwondo sparing footworks dibagi menjadi 5 (lima) macam yaitu:
a. Step ditempat ( step in place) ada 2 macam:
1. bouncing step - posisi jireugi joonbi, -komposisi kaki depan : kaki belakang 50:50 atau 60:40, - naik turunkan kedua lutut seperti sepasang sokbreker dengan jarak main 5 cm-8 cm, - badan bagian atas agak condong kedepan dan santai ( jangan kaku), - gerakan tidak meloncat-loncat , kaki tetap dilantai

2. Switching step: -posisi jireugi jonnbi, - komposisi 50:50 ayau 60 : 40, -saat melakukan perpindahan / pertukaran (switching) jangan meloncat-loncat keatas tetapi berpindahlah secepat mungkin dan serendah mungkin dari lantai., -switching dilakukan bersama antara kaki depan dan kaki belakang mendarat bersamaan.

b. step maju (forward step)
satu step ke depan (kaki belakang), dua step ke depan, berputar 180 derajad, satu step kedepan ( kaki depan) , dll

c. Step samping (side step)
Bergeser ke samping sebesar 90 derajad, bergeser ke samping sebesar 135 derajad

d. Step mundur (Back step)
mundur satu step ( kaki belakang), mundur satu step (kaki depan), mundur 2 step bersamaan tanpa merubah posisi, mundur satu step 180 derajad kaki depan, dll.

e. Kombinasi (combination step)
merupakan kombinasi antara step ditempat dengan step maju atau step samping. dll
Baca selengkapnya »

Penjelasan Tendangan Ap-Bal Hurigi di Taekwondo

0 komentar


Ap-bal Hurigi merupakan kata dalam bahasa korea yang terdiri atas 3 suku kata, yaitu "ap" yang berarti kiri, "bal" berarti depan, dan "hurigi" atau kait/mengait. Dengan demikian, pengertiannya adalah sebuah jurus taekwondo berupa tendangan counter/defense (pertahanan) yang menunggu lawan menyerang (attack) untuk kemudian dengan cepat langsung dibalas atau dipotong dengan tendangan mengait menggunakan kaki bagian depan.

Agar dapat melakukan tendangan semacam ini, seorang taekwondoin harus mengawalinya dengan cara mengangkat salah satu lutut setinggi-tingginya. sementara, pada saat yang tepat, kaki langsung mencangkul ke arah muka lawan dengan mengunakan bagian tumit dan telapak kaki.

Pada dasarnya, semua orang bisa melakukan tendangan ap-bal Hurigi, namun bukan berarti pula semuanya pasti bisa menggunakannya dengan baik. Pasalnya, ia harus benar-benar mampu memahami aspek ketepatan menghitung waktu/timing agar pada gilirannya tendangan yang dilancarkan tepat pula mengenai sasaran (muka) lawan secara telak, kalau tidak tepat, tidak akan ada hasilnya.
Baca selengkapnya »

Materi Latihan Taekwondo sabuk putih

0 komentar


berikut macam materi-materi dasar yang perlu diberikan kepada taekwondoin terutama yang masih pemula/ masih menyandang sabuk putih.
1. yaitu yang pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai tata tertib dalam berlatih taekwondo, dimana meliputi sikap dasar, cara berdoa, cara menghormat, dan bagaimana menggunakan seragam/ dobok serta bagaimana cara memasang sabuk taekwondo dengan benar.

2. Dasar kuda-kuda (seogi di taekwondo)
taekwondoin pemula terutama yang masih sabuk putih perlu sekali diajarkan mengenai langkah kaki/kuda-kuda di taekwondo, dimana ada 4 macam jenis kuda2/ langkah kaki di taekwondo ini : ap-seogi (kaki langkah pendek), ap kubi (kaki langkah panjang), dwit kubi (bentuk kuda2 huruf L dmn berat badan sedikit condong ke belakang) dan jochom seogi (kuda-kuda tengah).

3. pukulan di taekwondo
ada 3 jenis yaitu momtong jireugi (pukulan arah tengah), eugol jireugi (pukulan arah atas / kepala, dan area jireugi (pukulan arah bawah)

4. tangkisan dasar di taekwondo
ada 4 macam yaitu momtong an makki (tangkisan arah tengah), eugol makki (tangkisan atas), area makki (tangkisan arah bawah), dan bakkat makki (tangkisan tengah dengan pergelangan tangan menghadap keluar.

5. tendangan dasar taekwondo
meliputi: 1. momtong ap chagi (tendangan chagi ke arah tengah), 2. momtong dollyo chagi (tendangan kearah samping dengan sasaran ke arah perut), 3. momtong yop chigi, dan 4. deol chigi/naeryo chagi,atau juga bisa disebut bal chagi.

6. step 1, step 2 dan step 3

7. gerakan dasar basic 1, basic 2, dan basic 3.
Baca selengkapnya »

Fungsi Sit-Up pada taekwondo

0 komentar

selain melatih kekuatan tendangan kaki, seorang taekwondoin juga diharuskan untuk melatih otot perut.. karena dalam latihan sparing kebanyakan lebih banyak lawan menyerang sasaran ke arah perut daripada arah atas/ kepala, dimana arah perut mudah dijangkau oleh kaki daripada arah kepala.

oleh karena itu atlet perlu melatih kekuatan otot perut yaitu dengan latihan sit-up, fungsi sit-up salah satunya adalah utk menahan tendangan apabila mengenai sasaran perut. sit up adalah latihan yang gunanya adalah melatih otot perut, tidak ada hubungannya sama sekali dengan lemak di daerah perut.

latihan sit-up dapat dilakukan 50-100x setiap selesai latihan, bisa dilakukan sehabis/sebelum melakukan collingdown/pendinginan.

perlu diketahui bahwa antara otot dan lemak adalah 2 hal yang berbeda, jadi suatu pendapat yang salah apabila ada orang yang berkata bahwa sit-up adalah untuk membakar lemak. akan tetapi fungsi sit-up adalah untuk melatih kekuatan otot perut.
Baca selengkapnya »

Cara Latihan Kecepatan Gerak Dalam Taekwondo

0 komentar
Speed/ kecepatan merupakan salah satu komponen yang paling penting di taekwondo, semakin cepat tendangan seseorang akan semakin mudah dalam mencari point dalam bertanding.

Kecepatan gerak dalam olah raga taekwondo ( di pertandingan ) membutuhkan komponen agility dan quicknes tersebut. sedangkan dalam proses latihannya, cabang olah raga ini membutuhkan kecepatan gerak juga dalam bentuk speed. konsep dasar ;atihan ini terletak pada prinsip bahwa "beban luar" boleh beda, tetapi beban dalam harus sama.

berikut ini merupakan bagian-bagian kemampuan kecepatan yang dibutuhkan di dalam taekwondo:

Kecepatan Reaksi:
A. Reaksi sederhana
B. Reaksi pilihan

Kecepatan:
Asiklis Maksimal
A. Kecepatan Aksi
B. Kecepatan Gerak

Kecepatan Siklis maksimal
A. Kecepatan koordinasi
B. Kecepatan Dasar
C. Kecepatan Sprint Maksimal
D. Frekuensi Gerak
E. Kecepatan Gerak ke Depan.

bentuk-bentuk latihan / metode dalam Latihan Kecepatan (S-A-Q)
1. SPEED
latihan untuk meningkatkan frekuensi langkah (contoh innervasi, the ABC run, dan running mechanic) dan panjang langkah (contoh meningkatkan kekuatan maksimal, kekuatan kecepatan serta strength dynamic)

2.AGILITY
Latihan latihan kelincahan seperti zig zag, boomerang, shuttle run, dan obstacle run

3. QUICKNESS
Kecepatan gerak aksi (tanpa stimulus) atau kecepatan reaksi, reaksi optik akustik taktil (seperti gerak menendang, memukul, duduk berdiri, tidur berdiri, dan gerak dengan berbagai posisi, baik yang diawali dengan stimulus maupun tanpa stimulus.
Baca selengkapnya »

TIM TKD PemKab yg Pertama

Minggu, 06 Februari 2011
0 komentar
irul(merah) vs kediri(biru)
 

Sabeum agga dan sabeum fin
Baca selengkapnya »

TKD PemKab Animes

0 komentar
Baca selengkapnya »

Kejurda Jatim Senior Malang

0 komentar
teguh(merah) vs kostrad malang (biru)

Baca selengkapnya »

Kejurda Jatim Junior Kediri

0 komentar
Ini saat KejurDa Junior JaTim di Kediri



o
Baca selengkapnya »

Peralatan Taekwondo

0 komentar
Peralatan Taekwondo :
1. Pelindung kepala (Head-guard)
2. Pelindung tulang hasta (Arms-guard)
3. Pelindung badan (HOOGO/Body protector)
4. Pelindung tulang kering (Shins-guard)
5. Pelindung kemaluan (Nangsimcha/ Groinguard)

Peralatan lainya :
1. Pelindung gigi
2. Matras
3. Alat bantu sasaran tendangan (Kicking target/Pyongyo)
4. Sandsack
5 . Alat bantu sasaran pukulan (Punching-Pad)

dari sejumlah perlengkapan tersebut yang wajib dimiliki oleh anggota taekwondo adalah :
1. Kicking target (Wajib dimiliki penyandang sabuk hijau ke atas)
2. HOOGO (wajib dimiliki oleh penyandang sabuk biru ke atas)

Maksud dari pemilikan alat2 tersebut secara pribadi adalah agar anggota khususnya senior dapat lebih beradaptasi dan terbiasa dengan penggunaan peralatan khususnya alat-alat pelindung sehingga dalam pertandingan sudah merasa terbiasa dan tidak mengurangi kenyamanan atau mengganggu gerakan. Di samping itu alat-alat inventaris yang telah ada bisa dioptimalkan penggunaannya untuk anggota yunior.
Baca selengkapnya »

MATERI TEKNIK TAEKWONDO PADA TIAP SABUK

0 komentar
TINGKAT SABUK/GEUP : PUTIH / X
Teknik Tangan : Kuda-kuda Apkoobi, Joosum Seogi

Tangkisan ( Makki )

- Arae Makki : Tangkisan ke arah bawah
- Momtong An Makki : Tangkisan ke arah perut dari luar ke dalam
- Momtong Bagkat Makki : Tangkisan ke arah perut dari dalam ke luar
- Eolgol Makki : Tangkisan ke arah kepala
- Batangson Arae Makki : Tangkisan ke arah bawah dengan telapak tangan

Pukulan ( Jireugi )

- Momtong Jireugi : Pukulan ke arah perut
- Eolgol Jireugi : Pukulan ke arah kepala
- Gabrion / Dobeon : Pukulan dua kali ke arah perut
- Sambion : Pukulan tiga kali ke arah kepala, leher, perut

Cekikan / Sodokan ( Chireugi )

- Ageum son keut chireugi : Cekikan ke arah leher
- Gawison keut chireugi : Sodokan ke arah mata dengan dua jari
- Ape son keut chireugi : Sodokan ke arah leher dengan ujung jari
- Pionson keut chireugi : Sodokan ke arah ulu hati dengan ujung jari

Sabetan ( Chigi )

- Sonal Mok Chigi : Sabetan ke arah leher/pelipis
Teknik Tendangan (Chagi)
- Momtong Ap Chagi : Tendangan lurus ke arah perut dengan Apchook
- Eolgol Ap Chagi : Tendangan lurus ke arah kepala dengan Apchook
- Noppi Ap Chagi : Tendangan melompat lurus dengan Apchook
- Dello / Ball Chagi : Tendangan mencangkul arah kepala
- Dollyo Chagi : Tendangan melingkar

TINGKAT SABUK : KUNING POLOS – KUNING STRIP GEUP : IX-VIII

Materi Teknik
Teknik Tangan :

- Doopalmok Makki : Tangkisan dua tangan kearah perut
- Dobeon Jireugi : Pukulan dua kali arah perut
- Sambion : Pukulan tiga kali arah kepala, leher, perut.
- Chiq Jireugi : Pukulan kearah dagu.
- Batangson momtong Makki : Tangkisan dengan telapak tangan kearah perut.
- Sonnal Momtong Makki : Tangkisan kearah perut dgn telapak tangan bentuk sonal.
- Hansonal Momtong Makki : Tangkisan tangan menyilang di dada, satu dikepal yang menangkis membentuk sonal.
- Momtong yeoup jireugi : Pukulan menyodok dari arah samping kearah perut.

Tendangan ( Chagi )

- Momtong Dollyo chagi : Tendangan melingkar kearah perut
- Eolgol Dollyo chagi : Tendangan melingkar kearah kepala
- Dwi Chagi : Tendangan balik menyodok kearah perut
- Yeoup chagi : Tendangan balik menyodok kepala dengan pisau kaki
- Yeoup Khurigi : Tendangan mengkait arah kepala
- Idan Dollyo chagi : Tendangan melingkar dengan kaki depan.
- Puti Chagi : Tendangan menampar dari luar kedalam
- Puti Chumagi : Tendangan menampar dari dalam keluar

TINGKAT SABUK : HIJAU – HIJAU STRIP GEUP : VII-VI

Materi Teknik
Teknik Tangan :

- Pionsonkeut sewo chirugi : Sodokan kearah perut dengan dibarengi tangkisan
- Dollyo Jireugi : Pukulan melingkar kearah pelipis
- Jibibem sonal mok chigi : Sabetan kearah kepala dibarengi dengan tangkisan
- Bagat Palmok Makki : Tangkisan dengan dua telapak tangan mengepal kerah perut.

Tendangan ( Chagi )

- Dolke chagi : Tendangan berputar 180 derajat, dengan punggung kaki
- Dwi yeoup chagi : Tendangan balik menyodok leher dengan pisau kaki
- Idan Yeoup chagi : Tendangan menyodok dengan kaki depan, membentuk pisau kaki kearah leher.
- Idan Yeoup Khurigi : Tendangan mengkait kearah kepala dengan menggunakan telapak kaki depan.
- Pekta Chagi : Tendangan kaki depan ditarik setengah menggunakan punggung kaki.
- Twio Dollyo Chagi : Tendangan melompat /slaiding ditempat / kebelakang
- Mad badad chagi : Tendangan melompat / slaiding kesamping
- Ball Badad : Tendangan mendorong dengan seluruh bagian telapak kaki

TINGKAT SABUK : BIRU – BIRU STRIP GEUP : V-IV

Materi Teknik
Teknik Tangan :

- Jibibeum Sonnal mok chigi : Sabetan dan tangkisan secara bersamaan arah kepala telapak terbuka.
- Jibibeum Theok chigi : Sodokan arah dagu dan tangkisan secara bersamaan kearah kepala telapak tangan terbuka.
- Palkop piojok chigi : Serangan menggunakan sikut dengan satu tangan sementara tangan lain meraih kepala.
- Dollyo palkop : Serangan melingkar dengan menggunakan sikut.
- Yeoup Palkop : Serangan menyodok dengan menggunakan sikut.
- Dwi Palkop : Serangan dari arah bawah dengan menggunakan sikut.
- Ollio Palkop : Serangan balik kearah belakang dengan menggunakan sikut.

Tendangan ( Chagi ) :

- Twio Dwi Chagi : Tendangan lompat ditempat berbalik kebelakang, menyodok kearah perut
- Dwi Khurigi : Tendangan berbalik mengkait dengan menggunakan telapak kaki.
- Narae chagi : Tendangan dengan menggunakan punggung kaki secara langsung 2 kali atau lebih.
- Idan Ap Khurigi : Tendangan mengkait arah depan/muka dengan telapak kaki.
- Idan Palko Dwi Chagi : Tendangan lompat sejajar kaki depan diangkat dan kaki belakang menendang balik dengan tumit kaki.
Noppi Dwi Chagi : Tendangan kaki belakang laiding diangkat ke depan sedangkan kaki depan balik menendang dengan tumit kaki.
Noppi Dwi Khurigi : Sama dengan Noppi Dwi Chagi namun menendangnya dengan telapak kaki secara mengkait.
Baca selengkapnya »

Pukulan, Tendangan, dan Tangkisan

0 komentar
Pukulan

* Yeop Jireugi = Pukulan Samping
* Chi Jireugi = Pukulan Dari Bawah Keatas
* Dolryeo Jireugi = Pukulan Mengait
* Pyojeok Jireugi = Pukulan Dengan Sasaran
* momtong jireugi= pukulan mengarah ke tengah(pukulan mengarah ke ulu hati)
* are jireugi= pukulan ke bawah
* oreon jireugi= pukulan dengan tangan kanan yang dilakukan sambil menendang(ap chagi)
* Eolgol jireugi=pukulan ke atas (pukulan mengarah ke kepala)
* hengek= menunduk
* ap chumbi= siap


Tendangan

* Ap Chagi = Tendangan depan
* Dollyo Chagi = Tendangan setengah melingkar
* Yeop Chagi = Tendangan samping menggunakan pisau kaki
* Dwi Chagi = Tendangan belakang
* Twieo Dwi Chagi = Tendangan belakang yang dilakukan sambil melompat
* Twieo Yeop Chagi = Tendangan samping yang dilakukan sambil melompat
* Goley chagi= Tendangan ganda
* Sip Chagi An Chagi= Tendangan yang dilakukan sambil melompat dan tangkisan aremaki
* Penriyti Chagi= Tendangan keliling.
* Dwi Hurigi= Tendangan berputar melalui belakang.
* Del'o chigi= Tendangan mencangkul ke arah kepala menggunakan tumit


Tangkisan

* Aremagi = Tangkisan bawah
* Eolgol Ceceumaki = Tangkisan ke arah kepala
* Bakat Momtong Bakat Magi = Tangkisan dari arah dalam menggunakan bagian dalam lengan bawah.
* Bakat Momtong An Magi = Tangkisan dari arah dalam menggunakan bagian luar lengan bawah.
* An Magi = tangkisan dari arah luar.
* Bina Magi an magi= tangkisan yang dimulai dari lengan bawah dan saat masuk ke dalam harus melalui lengan atas.
* An palmok montong bakat magi= tangkisan ke arah lengan bawah
Baca selengkapnya »

Terminologi Tae Kwon Do

0 komentar
1. Sabeum = Instruktur
2. Sabeum Nim = Instruktur Kepala
3. Seonbae = Senior
4. Hubae = Junior
5. Tae Kwon Do Junshin = Prinsip Ajaran Tae Kwon Do
6. Muknyeom = Meditasi
7. Dobok = Seragam Tae Kwon Do
8. Ti = Sabuk Latihan
9. Oen = Kiri
10. Oreon = Kanan
11. Joonbi = Siap
12. Sijak = Mulai (Tanpa Komando(biasa dilakukan di poomse))
13. Kalryeo = Stop
14. Keysok = Lanjutkan
15. Keuman = Selesai
16. A Nee = Tidak
17. Yee = Ya
18. Eolgol = Sasaran atas
19. Moumtong = Sasaran tengah
20. Arae = Sasaran bawah
21. Kyungrye = hormat
22. chariot= mempersiapkan diri
23. nici= sekian
24. belci ki manisi= tempat istirahat
25. menicip= pengawas taekwondo
26. dobeon= dua kali
27. sambeon= tiga kali
28. iljang= satu
29. ijang= dua
30. samjang= tiga
31. sahjang= empat
32. ohjang= lima
33. yukjang= enam
34. chiljang= tujuh
35. paljang= delapan
Baca selengkapnya »

Tiga materi dalam latihan

0 komentar
1. Poomsae atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri, yang dilakukan melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram rangkaian gerakan poomse didasari oleh filosofi timur yang menggambarkan semangat dan cara pandang bangsa Korea.

2. Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/obyek benda mati, untuk mengukur kemampuan dan ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang biasanya dipakai antara lain papan kayu, batu bata, genting, dan lain-lain. Teknik tersebut dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.

3. Kyoruki atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri.
Baca selengkapnya »

Sejarah Taekwondo Di Korea

0 komentar
Masa Pertengahan


Pada Dinasti Koryo ( 918 sampai 1392 Masehi ) yang mana penyatuan Semenanjung Korea setelah Shilla, Taekkyon berkembang sangat sistematis dan merupakan mata ujian penting untuk seleksi ketentaraan. Teknik Taekkyon tumbuh menjadi senjata yang efektif untuk membunuh. Pada permulaan Dinasti Koryo, kemampuan beladiri menjadi kualifikasi untuk merekrut personel ketentaraan sebab kerajaan membutuhkan kemampuan pertahanan yang kuat setelah penaklukan seluruh semenanjung Korea. Kemampuan dalam beladiri Taekkyon sangat menentukan pangkat seseorang dalam ketentaraan. Raja – raja pada dinasti Koryo sangat tertarik pada kontes Taekkyon yang disebut “Subakhui”, yang populer juga dimasyarakat dan dijadikan ajang perekrutan tentara. Namun pada akhir pemerintahan Dinasti Koryo ketika penggunaan senjata api mulai dikenal , membuat dukungan terhadap kemajuan beladiri berkurang jauh.


 Masa Modern

 
Pada masa modern Korea , saat Dinasti Chosun ( Yi ) pada tahun 1392 sampai 1910, Kerajaan Korea dan Jaman penjajahan Jepang sampai tahun 1945, Subakhui dan Taekkyon, sebutan Taekwondo pada saat itu mengalami kemunduran dan tidak mendapat dukungan dari pemerintah yang memodernisasi tentaranya dengan senjata api. Dinasti Yi yang didirikan dalam ideologi Konfusius , lebih mementingkan kegiatan kebudayaan daripada seni beladiri. Kemudian , saat raja Jungjo setelah invasi oleh Jepang pada tahun 1952, pemerintah kerajaan membangun kembali pertahanan yang kuat dengan memperkuat latihan ketentaraan dan praktek seni beladiri. Seputar periode ini, terbit sebuah buku tentang ilustrasi seni bela diri yang diber judul Muyedobo – Tonji, yang memuat gambar – gambar dan ilustrasi yang mirip / menyerupai bentuk / sikap ( Poomse ) dan Gerakan Dasar ( Basic Movement ) Taekwondo sekarang, namun tentunya hal ini tak dapat diperbandingkan begitu saja dengan Taekwondo saat ini yang telah dimodernisasi dengan penelitian yang berdasarkan ilmu pengetahuan modern ( Scientific Studies). Akan tetapi , saat penjajahan Jepang semua kesenian rakyat dilarang termasuk Taekkyon, untuk menekan rakyat Korea. Seni beladiri Taekkyon hanya diajarkan secara sembunyi oleh para master beladiri sampai masa kemerdekaan pada tahun 1945.


 Masa Sekarang




Seiring dengan kemerdekaan Korea dari penjajahan Jepang, konsep baru tentang kebudayaan dan tradisi mulai bangkit. Banyak para ahli seni beladiri mendirikan sekolah / perguruan beladiri . Dengan meningkatnya populasi dan hubungan kerjasama yang baik antar perguruan beladiri, akhirnya diputuskan menyatukan berbagai nama seni beladiri mereka dengan sebutan : Tae Kwon Do, pada tahun 1954. Pada 16 September 1961 sempat berubah menjadi Taesoodo namun kembali menjadi Taekwondo dengan organisasi nasionalnya bernama Korea Taekwondo Association ( KTA ) pada tanggal 5 Agustus 1965, dan menjadi anggota Korean Sport Council. Pada era tahun 1965 sampai 1970 an , KTA banyak menyelenggarakan berbagai acara pertandingan dan demonstrasi untuk berbagai kalangan pada skala nasional. Taekwondo berkembang dan menyebar dipelbagai kalangan, hingga diakui sebagai disiplin / program resmi oleh Pertahanan Nasional Korea , menjadi olahraga wajib bagi tentara dan polisi.
Tentara Korea yang berpartisipasi dalam perang Vietnam dibekali keahlian Taekwondo, pada saat itulah Taekwondo mendapatkan perhatian besar dari dunia. Nilai lebih ini menjadikan Taekwondo dinyatakan sebagai olahraga nasional Korea. Pada tahun 1972, Kukkiwon didirikan, sebagai markas besar Taekwondo, hal ini menjadi penting bagi pengembangan Taekwondo keseluruh dunia. Kejuaran dunia Taekwondo yang pertama diadakan pada tahun 1973 di Kuk Ki Won,Seoul ,Korea Selatan, sampai saat ini kejuaraan dunia rutin dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Disamping itu , untuk meningkatkan kualitas Instruktur Taekwondo diseluruh dunia, Kukkiwon membuka Taekwondo Academy, yang mulai tahun 1998 telah membuka Program pelatihannya bagi Instruktur Taekwondo dari seluruh dunia. Kuk Ki Won, sebagai markas besar Taekwondo Dunia, disinilah pusat penelitian dan pengembangan Taekwondo, Pelatihan para Instruktur , sekretariat promosi ujian tingkat internasional. Pada 28 Mei 1973, The World Taekwondo Federation ( WTF ) didirikan, dan sekarang telah mempunyai 156 negara anggota dan Taekwondo telah dipraktekan oleh lebih dari 50 juta orang diseluruh penjuru dunia, dan angka ini masih terus bertambah seiring perkembangan Taekwondo yang makin maju dan populer. Taekwondo telah dipertandingkan diberbagai pertandingan multi even diseluruh dunia , dan Taekwondo telah dipertandingkan sebagai ekshibisi pada Olympic Games 1988 Seoul dan telah dipertandingkan sebagai cabang olahraga resmi di Olympic Games 2000, Sydney.
Baca selengkapnya »

Tentang Taekwondo Kab.Probolinggo

0 komentar
TaeKwonDo Pemkab Kabupaten Probolinggo salah satu Cabang Taekwondo JATIM dibawah PB TI.
Dengan Saebeum Nim Tanaka sebagai Pelatih Ketua, dan di bantu pelatih dan asisten-asisten pelatih.
Taekwondo Kab. Probolinggo memiliki beberapa ranting diantaranya:

1. TaeKwonDo PemKab Proboliggo
2. TaeKwonDo SMA N 1 Dringu
3. TaeKwonDo SMP N 1 Dringu
4. TaeKwonDo SMAK Materdei
5. TaeKwonDo Kademangan
6. TaeKwonDo SD N Integral Hidayatullah Kadupok probolinggo
7. TaeKwonDo Kademangan cup
8. TaeKwonDo Yongkerz TC

TaeKwonDo Pemkab Probolinggo akan terus berusaha mengembangkan TaeKwonDo di probolinggo n berlatih keras demi tercapainya satu misi Menjadi BAROMETER TAEKWONDO JATIM.....!!!

Latihan meliputi fisik, mental, dan spiritual dengan Instruktur Sebeum Nim Tanaka senidiri. Latihan dilaksanakan 3x seminggu dan beberapa waktu extra...
Baca selengkapnya »

Filosofi Sabuk Pada Taekwondo

0 komentar
Setiap tingkatan / Geup di Taekwondo berdasarkan Sabuk, dimana Sabuk di dalam Taewkondo memiliki filosofi sendiri untuk warna yang ada pada Sabuk tersebut, berikut arti dari masing - masing Sabuk yang ada di Taekwondo
  • Putih melambangkan kesucian,awal/dasar dari semua warna,permulaan.
  • Kuning melambangkan bumi,disinilah muali ditanamkan dasar-dasar TKD dengan kuat.
  • Hijau melambangkan hijaunya pepohonan,pada saat inilah dasar TKD mulai ditumbuhkembangkan.
  • Biru melambangkan birunya langit yang menyelimuti bumi dan seisinya,memberi arti bahwa kita harus mulai mengetahui apa yang telah kita pelajari.
  • Merah melambangkan matahari artinya bahwa kita mulai menjadi pedoman bagi orang lain dan mengingatkan harus dapat mengontrol setiap sikap dan tindakan kita.
  • Hitam melambangkan akhir,kedalaman,kematangan dalam berlatih dan penguasaan diri kita dari takut dan kegelapan.
Perubahan warna sabuk,harus memperlihatkan perubahan menyeluruh sikap hidup kita.
Baca selengkapnya »
Selamat datang di Taekwondo Kab.Probolinggo

About Me

Foto Saya
probolinggo, probolinggo/jawa timur
Saya adalah mahasiswa AMIK Taruna Probolinggo saya asli probolinggo SDN Kerpangan2 lulus tahun 2002,SPMN Tegalsiwalan1 lulus tahun 2006 SMK Negeri 2 Probolinggo lulus tahun 2009 Sekarang saya masih menempuh kuliah Jurusan Menejemen Informatika

Recent Comment

Search This Blog

Memuat...
 

Pages

Share it

 

© 2010 Taekwondo Angin Gending Kabupaten Probolinggo